Berbagi pengalaman tentang serdos 2017 I

فَبِأَيِّ آلَاء رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

“Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman [55] ).

Alhamdulillah…  walau 7 samudra sebagai tinta, semua pohon yang tumbuh sebagai pena dan dedaunannya sebagai kertas. maka tak pernah akan habisnya nimat-nikmat itu jika dituliskan, hingga semuanya kering dan lenyap, namun rahmat Mu tetap tercurah pada hamba yang iman dan taqwa, walaupun hakekatnya adalah sebagai ujian fatamorgana, karena  Dunia adalah penjara Bagi Orang Mukmin. Allahumma lakal hamdu wa lakalsyukru.

melamar di perguruan tinggi ini  (Politeknik Sekayu), status saya adalah fresh graduate dalam program pascasarjana bidang keilmuan computer science, yang kemudian diterima sebagai dosen tetap institusi yang telah di SK-kan, dengan peraturan-peraturan yang berlaku didalamnya. disemester ini pun NUPN saya terbit. tidak terlalu lama menunggu, dengan melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan akhirnya NIDN pun menyusul diterbitkan ditahun yang sama. setelah melewati tiga semester dalam kegiatan belajar dan mengajar selaku dosen tetap, maka di semester keempatnya (menginjak ke dua tahun masa kerja) saya mengajukan jenjang akademik sesuai dengan alur prosedur yang ada pada kopertis 2. penghitungan angka kredit melalui karya dan penelitian, pengabdian pada masyarakat serta tridharma perguruan tinggi. (baca : pengajuan berkas untuk JJA) alhamdulillah dengan kesabaran menunggu selama kurang lebih tiga bulan jenjang akademik/ jabatan fungsional sebagai asisten ahli pun sudah diterima, dengan nilai angka kredit yang melampaui jumlah kredit point yang ditetapkan, berdasarkan SK yang dikeluarkan oleh kemenristekdikti kopertis wilayah 2. namun sisa angka kredit point tersebut tidak bisa digunakan untuk kenaikan jabatan akademik/fungsional dosen ketahapan selanjutnya, (*sumber : senior yang telah lebih dahulu).

kurang lebih tiga bulan setelah SK jabatan akademik diterbitkan, SK inpassing-pun diperoleh  dalam pangkat penata muda tingkat I golongan III/b. Alhamdulillah, Allahumma lakal hamdu walakal syukru. jazakumullah khoiran katsiron saya ucapkan pada panitia yang melakukan penilaian berkas-berkas kami, yang saya lihat sangat menumpuk diruang kepegawaian tersebut, atas pelayanan dan bantuannya.

satu bulan setelah SK inpassing diterbitkan, saya menerima informasi dari operator PT (yang baik hati dan ramah, pak ardiles namanya ^^) di tempat saya bekerja, bahwa nama saya masuk kedalam daftar yang akan mengikut sertifikasi dosen tahun kuota 2017 sesi 1. dengan persyaratan yang telah dilalui, yang meliputi :

  1. Memiliki kualifikasi akademik sekurang-kurangnya S2/setara dari Program Studi Pasca Sarjana yang terakreditasi;
  2. Dosen tetap di perguruan PTN atau dosen DPK di PTS atau dosen tetap yayasan di PTS yang telah mendapatkan surat keputusan inpassing/penyetaraan
  3. Telah memiliki masa kerja sekurang-kurangnya dua tahun di perguruan tinggi tempat dosen bekerja sebagai dosen tetap;
  4. Memiliki jabatan akademik sekurang-kurangnya Asisten Ahli;
  5. Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 (dua belas) sks pada setiap semester di Perguruan Tinggi di mana DYS bekerja sebagai dosen tetap.

sebelum berlanjut ke perjalanan data dosen yang akan disertifikasi, berikut saya rangkum beberapa istilah yang perlu