PROGRAMMER MEETUP DINKOMINFO MUBA DI POLSKY

waktu itu maret 2019, Pak Jerry Rinoldy, bertandang ke prodi Tek. informatika. melakukan diskusi ringan tentang programmer dan minat anak muda polsky di bidang teknologi informasi. hingga pembahasan  tentang outcomes dari prodi ini untuk pengembangan daerah muba. kemudian untuk kedua kalinya, diskusi tersebut mengarah kepada pengembangan muba sebagai smart regency area.

hingga untuk kali ketiganya bliau beserta Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkominfo Muba Dicky Meiriando dan beberapa timnya menyambung rencana awal pertemuan waktu itu.  bercerita tentang rencana bliau (Ka Dinkominfo) untuk membentuk suatu komunitas digital yang pionernya adalah anak-anak dan alumni dari TI sebagai stepping stone, menjadi suatu wadah dan media digital creative yang akan diinkubasi dalam program-program yang bisa memajukan daerah. sehubungan dengan telah ditetapkannya kabupaten musi banyuasin masuk kedalam gerakan 100 smart city indonesia. maka infrastruktur dan sumber daya manusia yang mendukung untuk keberadaan komunitas digital di kabupaten musi banyuasin adalah polsky. maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Muba berkolaborasi dengan Politeknik (Poltek) Sekayu menggelar acara Programmer Meetup dengan tema “Menggagas Startup Muba” yang dihadiri oleh Mahasiswa aktif semester dua, empat dan enam Poltek Sekayu Program Studi Teknik Informatika, pada hari kamis (2/5/2019), pukul 14.00 di Kampus Poltek Sekayu.

Menurut paparan bapak Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkominfo Muba Dicky Meiriando, acara ini dilatarbelakangi adanya keinginan Bupati Muba H. Dodi Reza Alex Noerdin agar ekosistem industri kreatif digital dapat tumbuh dan berkembang di Bumi Serasan Sekate sebagai implementasi dari Program Muba Smart Regency.

Dalam slide bliau Acara Programmer Meetup ini bermaksud mengenalkan apa itu usaha rintisan digital atau dikenal dengan startup, sehingga diharapkan nantinya Mahasiswa Poltek Sekayu yang memiliki kompetensi pemrograman tidak hanya mampu menciptakan aplikasi berbasis digital saja, melainkan dapat menjadi pelaku startup.  Pemkab Muba akan mendukung penuh keberadaan calon startup Muba tersebut untuk didorong menjadi pelaku bisnis startup. Dinkominfo Muba telah mempersiapkan coworking space yang nantinya dapat digunakan sebagai kantor Startup Muba dengan fasiltas kerja diberikan secara gratis. Kemudian Dinkominfo Muba akan membuat Program Inkubasi Bisnis bagi Startup Muba dan akan memfasilitasi dalam mencari investor untuk pendanaan bisnis startup-nya.

Alhamdulillah kegiatan ini, dihadiri oleh bapak haryanto sebagai direktur polsky dan wakil direktur 3 bidang kemahasiswaan ibu baiti hidayati, serta beberapa dosen prodi TI, bapak Deni Fikari, Ibu Resty Annisa, bapak Aidil afriansyah, Bapak Juansyah, bapak darmindra sebagai staf prodi Ti, dan tentunya saya ( Zaid Romegar Mair) juga hadir dan membuka acara kegiatan ini 🙂 barakallah.

Dalam acara ini  juga hadir pembicara Aan Ariadin selaku Praktisi Digital Marketing dan Malian selaku Owner Warung Belajar. Mahasiswa tampak antusias mengikuti Kuis Games Online dan pemaparan materi tentang startup yang disajikan kedua pemateri ini.

Jazakallah khair atas silaturahminya nya, insyaAllah kita akan segera menyusun program untuk realisasi digital community di polsky dengan mengundang para  tim digital creative, dengan anak-anak HIMTIK Polsky. supaya kegiatan lebih leluasa dalam pembentukan dan pengembangan startup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *