Persiapan Tugas Akhir

berdasarkan kalender akademik yang telah disusun, Politeknik sekayu akan menjadwalkan seminar proposal tugas akhir, yang akan dilaksanakan pada minggu ketiga februari 2019.

owh, benarkah…

akan tersentak dan sedikit terkejut mungkin..!! akan tetapi, bagi mereka yang sudah siap, tampaknya lebih cepat lebih baik The sooner the better”.

tak dipungkiri, waktu terus berlalu dan hampir tiba dipenghujung jenjang ini, waktunya untuk terus berproses dan tingkatkaan semangat. semoga lekas sembuh ya* (lha kok..). iya, supaya cepat sembuh dari penyakit malas-nya..

berikut ini sedikit penjelasan dan pemaparan, melalui personal web, saya! terkait TA anda, Kok ga’ di briefing dikelas saja pak..! yah.. karena semester ini harus mengurusi adik-adik kalian, panjang cerita.. to the point ajjah !

bidang fokus

Perencanaan Tugas akhir semester ini*(Th Akademik 2018/2019), tema dan bidang minat harapannya sudah disiapkan oleh para mahasiswa tingkat akhir semester enam  diploma tiga, pada setiap program studi perguruan tinggi politeknik sekayu. terkhusus Informatics  engineering  yang terfokus di bidang minat pada : sistem informasi, aplikasi desktop, sistem jaringan, multimedia, expert system, dan aplikasi mobile. tugas akhir merupakan upaya untuk memecahkan suatu permasalahan secara ilmiah dan objektif sehingga menghasilkan bermacam -macam gagasan  kreatif untuk dikontribusikan  pada ilmu dan teknologi atau pada pembangun dan pengembang kelembagaan.

artikulasi minat

pengembangan minat yang telah dijalani selama lima semester berlalu dan dengan mengikuti projek perkuliahan,  kerja praktek, dan studi lapangan pada instansi atau lembaga yang membutuhkan pengembangan dalam mendukung teknologi yang digunakan, sangat dianjurkan untuk diimplementasikan sebagai topik, yang akan diangkat sebagai permasalahan untuk ditemukan solusinya.

contoh gagasan

berikut ini ada beberapa contoh gagasan yang bisa dihubungkan dengan kreativitas dan ide yang akan anda bangun, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. peminjaman buku atau digital library berbasis desktop,

2. sistem Penghitungan indeks komulatif semester (SIMPIKs) studi kasus Prodi TI,

3. multimedia sensus penduduk (MUSENDUK) dan penyebaran perkecamatan,

4. monitoring dan analisa terhadap suatu jaringan berbasis IoT,

5. pembelajaran barbasiskan smartphone,

6. sistem pakar dalam kasus kerusakan pada handphone,

7. pengembangan pembelajaran dengan multimedia,

8. pemantauan meluapnya sungai musi sebagai antisipasi terjadinya banjir menggunakan sensor dan sms gateway,

9. perancangan sistem pengaduan wali mahasiswa berbasis SMS,

10. pengenalan lab multimedia polsky dengan teknologi augmented reality, de el el.

open minded

sebagai wawasan dan membuka ide, dengan melihat kondisi, lingkungan sekitar yang sebenarnya-pun bisa dijadikan sebagai tema yang matang, dalam presentasi seminar proposal TA nantinya. tentunya dengan berbagai analisa, konsep yang siap, alur penulisan sesuai, menggunakan bahasa yang baik dan adanya sinkronisasi antara permasalahan yang diangkat dengan tujuan dan manfaat. maka topik anda akan bisa dipertahankan didepan penguji.

i think that all, sejarah singkat nya. semoga bisa memberikan inspirasi. good work, and God Allah SWT always bless us.

salam hangat.. P. Zaid.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *