SPADA INDONESIA 2019

SPADA* (sistem pembelajaran dalam jaringan) merupakan salah satu Program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu di Perguruan Tinggi. Dengan sistem pembelajaran daringnya, SPADA Indonesia memberikan peluang bagi mahasiswa dari satu perguruan tinggi tertentu untuk dapat mengikuti suatu mata kuliah bermutu tertentu dari perguruan tinggi lain dan hasil belajarnya dapat diakui sama oleh perguruan tinggi dimana mahasiswa tersebut terdaftar.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengkargozarikan 🙂 setelah mengikuti program/kegiatan selama 2 hari workshop perdana ditahun 2019, pada hari senin-selasa, tanggal 14-15 Januari 2019, di Hotel Emilia Jl. Letkol Iskandar No18, 24 Ilir (Komplek Palembang Indah Mall) workshop perdana ini dihadiri

oleh beberapa perguruan tinggi swasta yang ada diwilayah sumatera selatan, lampung, bengkulu dan dari provinsi riau. tujuan dari program ini adalah melakukan sosialisasi penerapan sistem pembelajaran daring (SPADA) sebagai agregator yang dimiliki oleh kementrian riset teknologi dan pendidikan tinggi, dalam rangka mempersiapkan diri pada era revolusi industri 4.0.

Nara sumber dalam acara ini Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP selaku Direktur Pembelajaran Kemenristek DIKTI Dr (cand) Rangga Firdaus ,S.Kom,M.Kom, sebagai tim SPADA dikti dan tim PKP PBMRI (peningkatan kualitas pembelajaran, pembelajaran berpus at pada mahasiswa memasuki era revolusi industri 4.0) dan bapak Anggoro Suryo Pramodyo sebagai tim spada kemenristek dikiti . Pada acara seminar membahas tentang Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA) dalam Pendidikan Tinggi 4.0 dengan beberapa topik antara lain Kuliah Daring (Sistem Pembelajaran Daring / SPADA) ; Evaluasi Belajar ; Karakteristik Pembelajaran PJJ ; Persyaratan PJJ ; Sumber Daya Manusia dalam PJJ (Pendidik) ; Modus Penyelenggaraan PJJ ; Pembiayaan PJJ ; Penjaminan Mutu Penyelenggaraan PJJ.

Sedangkan materi workshop mempelajari Komponen dan Pembahasan RAT (Rancangan Aktivitas Tutorial) ; format RAT ; Penyajian materi daring, materi terbuka, asessmen / pengukuran, komponen kelengkapan mata kuliah pada SPADA, peran tutor pada pembelajaran daring. Learn Management System yang digunakan memakai Moodle untuk penyusunan materi interaktif dengan memasukkan bahan dan materi ajar ke elearning, membuat materi perkuliahan dari awal hingga UTS (8 kali pertemuan), proses optimasi learning manajemen system dan online di web kuliah online kampus.

pada hari kedua yaitu melakukan evaluasi yang dikerjakan selama 13 jam workshop dihari pertama, dengan melakukan presentasi hasil dari apa yang telah dikerjakan; kemudian dilanjutkan dengan sharing dan tips penyusunan proposal hibah spada. materi qualified book and lecture readiness for industry 4.0; pembagian hadiah 5 peserta terbaik. ada lima orang yang dipanggil sebagai peserta dengan konten lms yang lengkap,unik dan rapi. 5 peserta tersebut yaitu :

terimakasih banyak kepada tim spada atas ilmu, sharing dan hadiahnya. sangat bermanfaat, dan insyaAllah akan saya implementasikan pada institusi. acara terakhir yaitu pembagian sertifikat dan penutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *