Kartu Flash Hija’yah

Alhamdulillah, Allahumma Lakal-hamdu Walakal Syukru. Diantara teman bermain sekolah yang bisa dikatakan seusia dengannya, walaupun sebenarnya ia adalah siswa termuda dalam sejarah toddler class sekayu palm kids 2017, tetapi masuk dalam daftar range usia untuk tetap bermain, berinterkasi, bersosialisasi dan belajar   dipagi hari dalam seminggu mulai senin sampai dengan juma’at di jalan teladan no 515 sekayu. Hadiah terindah dari umma dan abati untuk menambah semangat dalam mengafal Al-Qur’an di tahun kedua dalam tumbuh kembang mu, dengan berfikir kreatif membuat kartu flash hija’yah dengan kertas origami.

Terinspirasi dengan para hafidz belia dengan metode lapangan yang berbeda tentunya yang diterapkan para orang tua dalam mendidik anak – anaknya semenjak usia dini. Berikut salah satu langkah dan usaha, untuk berbagi kreativitas ilmu karena ia adalah bentuk suatu kepedulian.
Alat :

  • Gunting
  • Spidol
  • Pena
  • Pensil
  • Penghapus
  • Kaca/Alas halus

Bahan :

  • Kertas Origami
  • Karton
  • Lakban dan
  • Lem

Cara Kerja :

  1. Baca basmallah.
  2. Guntinglah karton dengan ukuran panjang dan lebar yang telah ditentukan atau sesuai dengan keinginan
  3. Buat Pola tulisan 28 huruf hija’iyah beserta fathah/kasrah/dommah-nya dengan menggunakan pensil atau pena peda kertas warna origami
  4. Guntinglah kertas warna origami dengan mengikuti pola/tulisan huruf hija’yah.
  5. Kertas warna yang sudah membentuk pola huruf hija’iyah ditempelkan pada karton, dengan meletakkan kasrah yang bersesuaian warna yang diinginkan.
  6. Lakukan list dengan tinta hitam menggunakan spidol atau pena mengikuti alur huruf hijaiyah yang ditempel pada karton.
  7. siapkan lakban transparan besar dan gunting
  8. Lakukan Laminating ^^ (my versus) dengan menggunakan lakban besar pada karton yang telah ditempel hijaiyah dengan kertas  warna origami.
  9. Rapikan kartu flash hija’iyah dengan menggunting setiap sisi dan sudut karton yang menempel lipatan-lipatan lakban.
  10. Kartu flash hija’iyah telah selesai dan siap untuk digunakan. Berikut scan-nya.
  11. Alhamdulillah.

gabungan-hijaiyahKarya spesial untuk buah hati… Semoga berkah dihari ini dan selanjutnya 1 Maret 2017 M. Menjalaninya dengan ketaqwaan dan ilmu. menjadi anak soleh penghafal mukjizat terbesar yang menunjukkan kebenaran ajaran beliau, Al-Islam, yang diturunkan oleh Allah SWT, dan menjadi mutiara kebanggaan orang tua dunia dan akhirat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *