Topic Tugas Akhir Moe

polskyDalam dunia akademik perguruan tinggi khususnya, setiap mahasiswa tingkat akhir, mau tidak mau, suka atau tidak suka pasti akan melalui sebuah fase metamorfasis finalisasi  teori dan praktikum, dan seabrek aktivitas rutin lainnya yang terkadang membosankan,…. tapi itulah pendidikan  dalam sebuah proses capaian pembelajaran. maka tetaplah belajar dan terus belajar untuk menjadi lebih baik dan terbaik, karena kehidupan merupakan pembelajaran untuk islahkan diri, ya ga?. nah… satu langkah lagi selesai lah perjuangan dalam perkuliahan yang endingnya akan menyandang gelar akademik dibelakang nama. insyaAllah…. semoga saja ya ^^, eit… tapi tunggu dulu, perjuangan  tersebut harus dihadapi dengan pengorbanan, pengalaman dan uletnya dalam menghadapi itu semua, yang dirumuskan dalam sebuah karya mahasiswa berupa tugas akhir untuk program diploma, skripsi untuk sarjana, thesis ataupun disertasi untuk program pasca sarjana. nah berikut adalah cara dan  langkah – langkah sederhana yang saya rangkum dalam catatan kecil hari ini dalam menentukan topik tugas akhir adik-adik dalam menyelesaikan program diplomanya.

  • Baca basmalah dan berdo’alah.Allah SWT Berfirman: “Mintalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan.” (QS. Al-Mu’min: 60).“Barangsiapa yang berdo’a kepada-ku, pasti akan Ku-kabulkan, dan siapa yang memohon kepada-Ku, pasti akan Ku-beri, dan siapa yang mohon ampun kepada-Ku pasti akan Ku ampuni”. (HR.Bukhari, Muslim, Maliki, Tirmidzi ). the beliefs of muslim”.
  • Banyak baca banyak tahu, studi literatur dari tulisan-tulisan ilmiah dan berikan simpulan berdasarkan ide dan pemahaman anda menjadi sebuah gagasan baru, atau anda bisa mendatangi perusahaan-perusahan untuk memberikan solusi bagi mereka yang terkait dengan teknologi informasi.
  • Diskusikan dengan teman, komunitas ataupun dosen anda supaya mendapatkan arahan dan pematangan rencana ^^.
  • Deskripsikan tantangan yang akan dihadapi balancing dengan skill yang dimiliki.
  • Analisa kebutuhan lingkungan sekitar, apa yang bisa dilakukan yang dapat  memberikan  manfaat dan membantu lingkungan disekitar kita.
  • Hubungkan hasil analisa tersebut dengan bidang minat ilmu yang akan diterapkan nantinya.
  • Buatlah skema dan peta perencanaan mulai dari persiapan, pengumpulan, perancangan implementasi dan evaluasi, dan finalnya  adalah bentuk kemasan dan produk.
  • Hilangkan keragu-raguan, tumbuhkan semangat optimis dalam hati, there is a will there is a way, ya kan!
  • Bismillah saja deh.

once again, ini merupakan form isian yang harus diserahkan ke program studi, sebagai bentuk fix-sasi nya topik anda yang akan dijadikan sebagai Tugas Akhir  disemester ini.

surat-keterangan-tugas-akhir

Jika Mahasiswa/i semester enam  lolos dalam seminar proposal tugas akhir dan  memerlukan data untuk melengkapi pengerjaan Tugas Akhir anda, maka program studi menyiapkan referensi surat  permohonan keluar untuk izin melakukan pengambilan data atau wawancara sebagai bahan kelengkapan dokumentasi laporan. Berikut link format penulisan surat yang bisa dijadikan acuannya :

surat-permohonan-data-ta

that’s it, sebagai referensi untuk para pejuang mahasiswa/i politeknik di muba dalam mengambil sebuah keputusan. yang merasa cocok boleh diikuti he 🙂 salam hangat dan sukses selalu untuk saya dan anda. selamat mengimplementasikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *