Do’a

Maaf saya bukan ustad, karena tittle ini pantas  disandang oleh orang-orang yang kedalaman faham agamanya  dalam berkorban menimba ilmu agama, dipondok -pondok pesantren dengan mujahadah dan amal. Beberapa hari yang lalu saya diamanahkan untuk memimpin doa dalam acara formal akademisi. oleh karena itulah,perlunya dokumentasi ini untuk melengkapi acara kepanitiaan yang sifatnya rutin tersebut. semoga textual doa ini bisa mewakili hadir-nya suasana hati, bermuroqobah dan diijabah oleh Dia pencipta semesta. Allah Azzawajalla. semoga bermanfaat.

Assalamu’alaikum Wr Wb

Pengantar

Istighfar 3X. Doa selamat dengan bahasa arab

Ya Allah ya Rahmanirrohim

Ampunilah dosa-dosa kami, ampunilah dosa kedua orang tua kami, sayangilah mereka berdua, maafkanlah mereka, cintailah mereka, sebagaimana mereka telah menyayangi, memaafkan dan mencintai kami melebihi diri mereka sendiri diwaktu kami masi kecil. Jadikanlah do’a kami doa yang mustajab, do’a anak yang sholeh dan sholeha yang diterima, jadikan kami anak yang selalu mendoakan kedua orang tua. Jika kedua orang tua kami atau salah satu dari mereka telah meninggal dunia, maka jadikanlah kuburnya sebagaimana taman-taman syurga. Luaskan kuburannya seluas mata memandang. Ampunilah dosa-dosanya. Maafkanlah segala kesalahannya dan tempatkan lah ia ditempat terpuji yang penuh dengan kemuliaan, kesenangan yang abadi selama-lamanya.

Ya Allah…

Hari ini kami berkumpul ditempat ini, maka jadikanlah perkumpulan kami ini perkumpulan yang semata mengharapkan keridhoan Mu. Jadikanlah pertemuan ini, pertemuan yang semata mengharapkan keridhoan Mu dan jadikanlah perpisahan ini kelak, perpisahan yang semata mengharapkan keridhoan Mu. Sehingga dengan pertemuan ini maka kami akan mendapatkan naungan di arasy Mu nanti dihari kiamat, dimana tidak ada naungan selain naungan mu, yaitu berkumpul dan berpisah semata karena Engkau.

Ya Allah…

Bantulah kami dalam setiap melangkah, tunjukkan kebaikan dan kebenaran dalam melangkah, bahwa yang haq adalah haq dan berikan kemampuan untuk mengikutinya, dan yang bathil adalah bathil dan berikan kekuatan untuk untuk jauh dan menghindar darinya. Mudahkan langkah kaki kami menuju majlis-majlis yang Engkau ridhoi. Majlis ilmu yang disertai dengan dzikir, sehingga dengan ilmu tersebut Engkau arahkan hidup kami. Ilmu yang bermanfaat bagi bangsa, agama , oang tua, khususnya berguna bagi diri kami sendiri sehingga mampu menghantarkan kami ke pada derajat kemuliaan mencontoh orang-orang yang hidup mulia yang mendapatkan keridhoaan Mu, dengan ilmu tersebut dapat mengingat Mu dalam setiap saat dan keadaan.

Ya Allah…

Kami tidak pandai kecuali Engkau berikan ilmu. Kami lemah kecuali Engkau berikan kekuatan. Semua berasal dari Engkau dan akan kembali kepada Mu jua. Kami berserah diri, hanya kepada Mu-lah kami meminta dan hanya kepada Mu jugalah kami memohon pertolongan. Ihdinashirathal Mustaqim shiratalladzina an’am ta’alaihim ghairil maghdu bi’alaihim waladhaallin. Kelu rasanya lidah ini untuk meminta dan memohon, karena lemahnya iman dan banyaknya kesalahan yang kami perbuat. Maafkanlah kesalahan-kesalahan kami. Tukarlah keburukan kami dengan kebaikan. Semuanya berasal dari Mu dan akan kembali kepada Mu. Ta’awudz dan akhirnya lancarkanlah acara ini sampai akhir ya Allah dengan kebaikan-kebaikan.

Doa penutup dengan bahasa arab

Wassalamu’alakum Wr Wb

Jazakumullah khairan katsiron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *